Honda Supra X 125 Helm In – Bukan Supra biasa

Sesuai request temen saya yang ini, maka saya mau cerita soal pengalaman naik Supra X 125 Helm In yang pake PGM-FI punya adik. Test drive rutenya muter-muter Surabaya, boncengan, ada acara main tanah (ssttt… jangan bilang-bilang yang punya ya :mrgreen: ) dan terus mbalik ke Sidoarjo :D

 

Sejarah Singkat

Awalnya helm-in itu adalah bagasi super besar yang dipakai di Honda Spacy, eh sekarang malah diterapkan di Supra X dan Spacy. Kalau dirunut-runut, ya Supra Helm ini inilah penyempurnaan dari sebuah motor yang 18 bulan yang lalu jadi trending topic di blog blog otomotif, motor yang ban depannya 17” dan, ban belakangnya 14” kayak Honda Beat.

Kalau FU dinyatakan sebagai bebek tercepat di Indonesia, Supra X 125 Helm In pantas dinyatakan sebagai bebek terbongsor di Indonesia. Wong Honda Kharisma aja kelihatan ramping kok kalau difoto berdua sama si Helm In hwehehehe :mrgreen:

 

First Look

Pertama-tama ayo cek spedometer, eh ternyata gak ada odometer, dan pemantau isi tangki bensin yang digital, semuanya balik lagi ke manual. Hmm… tapi kelihatannya lebih akurat yang manualan gini deh, masalahnya kadang meteran isi tangki Stefanie agak error, gak tau kalau Supra Alien yang lain :mrgreen: .

Panel spedometer, beda dengan Supra series biasanya

 Kunci, ok, kunci Supra X 125 yang baru sangat sangat panjang, beda sekali sama kunci imut punya Honda Astrea, nih perbandingan kunci Honda Supra Fit, Honda Supra X 125, dan Honda Supra Helm In (FBH detected :mrgreen: ). Paling gak dengan kunci super panjang, kunci gak gampang keselip, bisa korek2 kotoran kuku, dan kalau berani ya bisa dibuat bersihin kuping :mrgreen:

kiri ke kanan : kunci Supra Helm In, Supra X 125 lama, Supra Fit 2004

 Oh ya, jangan harap ketemu sama kunci buat buka jok di samping lampu belakang. Buka jok dari kunci depan sob! Caranya kalau kunci di posisi off, tekan agak kedalam, sampai bunyi “Klek”. Memang kalau gak kebiasaan agak ribet saat di pom bensin, tapi sangat aman kalau mau nyimpen helm mahal sampeyan. (Kecuali kunci di bawah setir itu dihack pake magnet sama maling :mrgreen:, yo ilang sak motornya hahahaha).

Oke, kelamaan, ayo distater, brmm…brmm…brmm… suara knalpotnya lebih stereo daripada Honda Supra X 125 Alien yang gak ada suaranya. Mirip-mirip suara Jupiter Z lah. Dan karena AHO, maka begitu distater, lampu langsung nyala :mrgeen: – btw kalau udah 28500km kayak Stefanie, masih gampang gak yo staternya, kan accu-nya mulai soak hehe

langsung nyala :mrgreen:

Ayo Riding

Pertama mengangkangi dan mencoba motor, motor ini lebih berat dan gak selincah Supra 125 apalagi Supra 100. Jelas aja, wong ada Helm-In nya kok. Tapi tenang, Bobotnya masih bisa ditoleransi untuk pemula sekalipun.

Maunya apa hayo? Gini persneling 1, 2, dan 3 Supra Helm In ini gak sepanjang Supra Alien. Tapi enaknya RPM menengah keatas, tarikannya makin aseek, beda sama Supra 125R punya ane yang kalau RPM Menengah ke atas radak ngemposs tarikannya. Kalau boleh dibilang, inget-inget waktu mbetot Yamaha Jupiter dan Jupiter Z papa yang agak lawas.

Nah soal final gear, kalau Supra X 125 yang lama terkenal akan gigi 4 nya yang loyo dan lemes poll, Supra Helm In agak beda, gigi 4-nya agak nge-jozz. Mungkin pengaruh pertamax dan kompresinya yang 9.3:1 itu. Nah cuma saktinya final gear alias persneling 4 ini harus dibayar dengan konsumsi BBM yang terasa agak boros (test irit-iritan gak dilakukan, soale bukan motor dewe :mrgreen: )

Boncengan. Karena body awalnya sudah agak berat (maklum bongsor) daripada Supra X lawas, yo jadi kalau Boncengan ya gak kerasa sih beratnya hehehe :D, cuma awas bagi cewek yang body-nya irit alias imut-imut :mrgreen:, kaki kalian agak mekangkang kalau duduk di boncengan Supra X 125 Helm In, apalagi pake rok :D :D :D

Di Rem oi, nanti nabrak woi!!!!

Kata papa, kalau riding atau nyetir di jalan sepi hati-hati, biasanya soalnya orang nyebrang ya gak lihat-lihat. Tapi kadang ada kan keinginan buat test topspeed kan? Ngaku aja deh hehehe. Nah kalau gitu rem yang sakti mandraguna pasti dibutuhkan, kalau bisa yang sekali senggol langsung “cittt…..” tanpa ndlosor :mrgreen:

Logikanya motor banter dan bongsor harus sakti rem-nya. Ok, Supra X 125 gak banter-banter amat, eh tapi kok rem-nya disunat, rem depan cuma dikasih cakram 1 piston, padhal versi lama yang lebih ramping rem cakramnya ada 2 piston. Berhenti sih berhenti, cuma pas Redbike coba, rem depan belakang masih cenderung ngeloyor, kurnag cocok buat Extreme Late braking atau rem super dadakan. Jujur saja ya, menurut ane kalau kampas rem gak terlalu tebal, rem dobel cakram ini mirip rem tromol cak brow.

Main Tanah

Nah waktu test, RB92 gak sengaja lewat jalan tanah, tkp nya ada di daerah Kutisari, Suroboyo. Gronjal-gronjal, hmmm enak juga ya :mrgreen:. Pertama, takut kesasar, maklum di kiri kanan isinya cuma bekas sawah dengan hiasan rosokan panci di pinggir sawah, tapi setelah lihat Apartemen Square dari jauh, berati RB92 dan teman, sudah ada di jalan yang benar. Yup, tujuannya kan kost-nya boncengers yang deketnya UK Petra. Happynya jalan ini cuma makan waktu 15menit buat sampai depan UK Petra (gedung P), bayangkan kalau lewat jalan aspal yang agak muter dan makan waktu 30 menit.

Enaknya lagi, di jalan ini kerikil gak terlalu banyak, tapi banyak pasir dan tanah. RB92 kan juga bawa motor berdua sama temen (boncengan) jadi getaran juga gak kerasa. Cuma kalau lewat tanah kayak gitu, jangan sering2 late braking, bisa ndlosor :D

 

Parkir

Gak ada yang ajaib, karena per di standar tengah super panjang dan masih baru (jadi masih elastis :mrgreen: ), maka standar tengah jadi enteng poll, lebih enteng dari standar tengahnya si Supra 125D/R, Jupiter Z, Supra Fit, Beat, Kaze, dan RX-King milik dari segenap sanak saudara :mrgreen:

Standar tengahnya enteng lho :D

Oh ya, jangan lupa, barnag berharga dan helm NHK Terminatornya di masukin bagasi, terutama kalau gak ada tali helm. Miris ane lihat helm-helm KYT dan NHK digeletakan begitu saja diatas tangki motor di parkiran kampus, kalau ilang gimana? Kan mahal (mending dikasih ke RB92 hahaha)

 

Kesimpulan – Pilih mana Supra Helm In atau Supra Alien (versi RedBike92)

 

Pertama-tama pastikan dulu pilihan Anda, apa milih motor bebek, atau matic atau batangan. Terus apa yakin milih Supra, ya sapa tahu sampeyan mau milih motor 125cc yang lain hehehe (kan ada thow Shogun Axelo, Thunder 125, TVS 125, sama Jupiter Z yang 135cc hehehe). Kalau yakin tapi bingung milih Supra yang mana, nih pendapat saya hehehe

Kalau gak butuh Helm In, butuh motor yang lincah (dan enteng) dan benci AHO (Automatic Headlight On – yang lampunya nyala kalau mesin nyala), Supra model lama kelihatannya cocok buat Anda. Oh ya Supra tipe ini ada yang injeksi (Supra X 125R PGM-FI), gak tau injektornya sama kayak Helm-In atau gak, tapi harga jual saudaranya Stefanie yang injeksi ini konon lebih murah daripada versi 125R Karbu atau 125D Karbu :mrgreen: )

Supra PGM-FI non Helm In

Kalau Sampeyan butuh motor yang ada bagasi internalnya (soalnya gak semua suka box kayak GIVI), ada sistem injeksinya, dan gak terlalu masalah dengan model lampu belakangnya yang agak “WOW”, Supra Helm In cocok buat kamu orang hehehe. Oh ya kalau cari yang bekas, coba cari yang versi Karbu – banyak banget teknisi (AHASS dan non AHASS) yang recomend tipe Helm In Karburator :mrgreen:

Supra X 125 Helm In karbu :D

Nah ciri-ciri Supra X 125 Helm In karbu adalah… Kompresi mesinnya sama kayak yang versi Injeksi 9.3:1, bodynya sama, cuma belum ada teknologi Injeksinya :mrgreen:, kemudian dari warnanya, ada yang Putih merah- putih hijau dan putih biru (kalau gak salah :mrgreen: ), menurut mbak-mbak SPG di dealer Honda, Supra X Helm In karbu sudah discontinue Desember 2011. Sayang sekali sih menurut RB92 Helm In karbu ini didiscontinue, soalnya penjualannya konon melebihi Supra X 125R yang masih pake karburator.

Ok segini aja posting kali ini, kalau ada yang salah informasi mohon maaf dan mohon koreksinya :D

 

About these ads

62 thoughts on “Honda Supra X 125 Helm In – Bukan Supra biasa

    • apanya hayooo yang panjang :mrgreen: ?
      eh cornering
      oh ya lupa hehehe
      tapi kalau cornering rasanya enakan tipe lama kak Ari
      yang baru ini terlalu semok, jadi gampang ngebuang bokongnya hehehe :mrgreen: – terutama karena saya gak ahli hehe

    • yup nama Supra kayak brandingnya Honda
      kayak jaman Honda Astrea dulu lah kak Vixi hehehe
      untung yang 110cc gak dinamai Supra Blade dan Supra Revo :mrgreen:

    • hehehe masa masa bro :D
      wah komennya di tes konsum kok ditutup
      padahal ajib tuh tesnya hehehe
      (tes bbm stefanie saya lupa nulis top speed waktu test deh rasanya hehe)

      • Hehehe, banyak yang mleset, terus foto speedometer pas KM awal burem banget. hehehe. Tunggu 4 hari lagi bro. Part 2 segera nyusul :)

  1. salam kenal gan.
    motor yg ditest sama persis dengan punya ane gan,type dan warnanya…
    nambahin dikit boleh kan,komsumsi pertamax nih motor dari beberapa kali pengetesan paling boros 67kpl,paling irit 71kpl ,pengetesan dilakukan dengan cara dipakai sehari-hari,dalam kota,kecepatan bervariasi paling tinggi 80kpj(tapi jarang nyampe kecepatan segitu),rider 165cm,60kg.
    kekurangan ni motor menurut ane cornering pada saat tangki bbm full,motor serasa limbung,kayak bawa boncenger yg duduknya agak kebelakang gak nempel rider,mungkin karna kapasitas tangki bbmnya yg besar,tapi itu juga yg jd kelebihannya,jarang banget mampir ke SPBU :mrgreen:

    • salam kenal juga :D
      betulnya kalau konsumsi BBM-nya rata2 67 kpl ya berati bisa buat touring jauh donk kak Red :D
      67x 5,6 = 375,2 km kak :D
      Surabaya Kediri gak usah isi bensin lagi :D
      tapi kalau tak pake ke kampus, bisa semingguan gak isi bensin hehehe

    • makanya kalau ada gelar motor bebek tercepat juaranya Satria FU :mrgreen:
      kalau bebek terbongsor, ya Supra X 125 Helm In
      lebih bongsor daripada Kharisma
      semok2 asekkk :mrgreen:

  2. supra x helm-in sangat fungsional untuk bawa barang banyak, plus mesin lebih bertenaga dan tetap irit. gk bakalan nyusahin klo buat jarak jauh. dan memang supra yg 125 cc lebih nyaman dikendarain dibanding dengan yg 100cc. pengalaman saya pake motor bapak saya yg 100cc dan 125 supra x yg blum injeksi hehe….

  3. wogh supra helmi

    ane pake supra FI rem belakang jadi momok menakutkan kalo panic breaking, biasanya ban belakang ngunci, ga tau apakah cumamotor ane yang rem belakangnya pakem? who knows

    • supra karburator juga gitu bro
      waktu rem cakram depan ane kampasnya habis
      terpaksa pake rem belakang, eh angkot depan ngerem dadakan, pas panic brake, motor ngesot ke kiri. Untung jalanan gak licin, kalau licin ya jatuh :mrgreen:

      PR buat Honda nih kayaknya :D

      • makanya yang bilang rem supra ga pakem pasti tuh orang cuma niat BC mas, ane pake ya gitu tiap panic brake rem belakang terlalu pakem sampe goyang dombret, samape ada ibu ibi pernah jatuh gara gara ban belakang ngelock, kasian sih, hehehehe

        ternyata buat rem pakem gampang, cuma buat rem pas kepakemanya susah yah xixixixi

  4. motorku sudah 9 bulan,,keluar maret 2012,,,sama dengan yang digambar…
    keunggulannya :

    1. hematnya gua bilang luar biaaaasaaaa…gua suka kencang,,,sukanya 70km/jam ke atas,,,tp kok ya feel hematya tuh masih kerasa banget,,,apalagi klo cuma lari biasa ala bapak bapak, hematnya gak kebayang deh,,,
    2. hidupin gampang bgt..pake electric starter,,,sedingin apapun cuaca dan selama apapun ditaruh di luar atau dihujani di luar,,,betul tuh janji honda dulu,,
    3. Akselerasi untuk bebek menurut gua ada di level atas,,,gua sering kebut kebutan sama jup mx,,,bisa kok motor ini ngelayanin,,,asal lincah pindah giginya,,,
    4. bagasi itu loh,,,gua hampir gak pernah pake tas lagi..padahal dulu mesti tiap hari,,,
    5. nikung asik bangt..memang diawal perlu pembiasaan karena klo nikung terasa gampang jatuh,,,tp klo sdh dapat feelnya, asyik banget,,,klo bukan stang kakinya kandas diasapal, nih motor betul betul bisa nikung rebah banget,,,
    6. cakram belakang asyik,,,dikit aja ditekan ban sdh mencicit bunyinya,,
    7.baru blakangan ini,khas yamaha yg mesinnya suka lompat lompat mulai terasa di motor aku,,,walau tdk sekaras di mesin yamaha,,,dulu sih smooth khas supra x 125…
    7. sekarang gigi empat dan cuma lari 40km/jam asyik aja dgn motor ini….agak beda dng supra x125 yg ramping…
    8. Lubang knalpot nyaris gak ada karbonnya,,kyaknya pembakarannya sempurna baget…andai lubang itu di cet putih, gua yakin sampai lama tetap putih,,,

  5. kekurangannya :
    1. endut endutannya bikin bete banget,,,mekanik bilang biasa tuh,,,mau bilang apa lagie..
    2. dr awal pake, penutup batok kepala sudah getar…
    3. sekarang bagian sayap juga sudah ada sedikit getar..
    4. pertemuan pertemuan body plastiknya tidak srapat yamaha…
    5. tempat duduknya getar,,,sekarang tdk lagi setelah gua tambahin tempelan karet ban dalam motor di dekat lubang dekat behel motor,,,,
    6. shock depan sesudah melewati jalan rusak seperti oleng..
    7. gak bisa diajak start ngebut…pengaruh injeksi kali ya,,,munkin klo pake kopleng baru bisa,,,

  6. mas tau ga cara nyetel sendiri stasioner nya? rasanya punya saya kegedean krn pas pindah gigi 1->2 sering nyanthol. ada satu sekrup yg saya “duga” adalah penyetelnya tp kok posisinya susah banget yah buat dijangkau pake obeng. thx

  7. bodoh amat aku beli honda… bulan pebruari ku ambil supra x helmin ..udah punya 2 masalah.
    1. tiba2 semua indikator mati.. dan kalo sudah mati sein juga ikut mati .. ini kan membahayakan. cman matiin kontak n nyalain lagi normal .. kadng2 mati lagi
    2. tiba2 jok ga bisa di buka….. …
    ini QC nya payah apa emang motos jelek
    padahal udah 3th pake skywave ga perna ada masalah.. cmn ganti ban belakang sama 1 lampu utama
    honda bner2 payah

    • ya namanya produksi massal mas
      pasti ada cacatnya
      kalau gitu kasusnya protes aja ke dealer atau AHASS terdekat
      semoga supranya mas Moch Dofir cepet sehat :D

  8. Gan, kalo rem depan belakang ini kan cakram.
    gmn caranya ngerem yg aman ya?

    kalo tromol kan bisa diatur pakem nya sesuai kita injek atau nekan rem nya..
    kalo cakram gmn ya?

    takut kalo terlalu pakem kan juga bahaya ya?
    bisa ditabrak orang dari belakang kalo yg dibelakang ga siap ato ga pakem rem nya..

    • kalau pengalaman saya sih
      cara make rem cakram belakang dan rem tromol belakang kurang lebih sama gan. Disetting dulu pakem gaknya rem lewat roda belakang.

      Kalau masalah terlalu pakem
      ya agan yus sepertinya harus kira-kira sendiri nginjeknya :D
      kalau pas jalan licin dan rem belakang diinjek sekuat tenaga ya sepeda motor bisa kepelanting :D

      saya sih biasanya tekan rem depan dulu
      terus satu detik kemudian baru injek rem belakang pelan-pelan sampai sepeda motor bener-bener berhenti atau kecepatannya berkurang :D

      ya itu sih pendapat saya
      moga-moga membatu ya gan :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s