Daihatsu Taft – masih inget Jip ini :D

Pertama tama puji syukur kepada TUHAN YME, karena paling ga, saya bisa bernafas sedikit, tugas tugas super besar sudah selesai, hasilnya? Yo mboh :mrgreen: lho kok jadi pidato… Nah kapanhari bongkar bongkar foto lawas, disitu ada saya, adek saya, yang dua-duanya masih kecil berpose didepan mobil lama, Daihatsu Taft F50. Nama lain dari Taft F50 adalah Taft Kebo, ngomong-ngomong soal nama kebo, dibumper depannya memang ada tanduknya, ya biar kalau mogok, bisa ditarik mobil lainnya dengan gampang, dan memang di stiker Taft F50 (kalau masih ada), ada tulisan Taft pake font model Serif, dan gambar banteng ngamuk. Tapi sama beberapa orang Suroboyo, mobil ini dinamai Taft Kotak. Ya, body-nya kan kotak :D Cerita Daihatsu Taft, pertama keluar di Jepang (ya iyalah masa di hatimu –gombal mode : on), tahun 1974 (masuk Indonesia tahun 1977). Namanya Taft F10, sama dengan Suzuki Jimny yang udah lahir duluan (1968), mesinnya minum bensin dan kapasitasnya 1000cc. Sayang sekali, Taft F10 ini kurang laku ndek dealer. Terus tahun 1977 Daihatsu ngembangin mobil Taft F20, masih minum bensin, cuma mesinnya 1600cc. Sayang sekali seri F20 ini bisa dibilang kurang berhasil di pasaran. Oh ya ngomong-ngomong seri Taft F20 ini ga dimasukin ke Indonesia :( , ya mungkin Daihatsu Indonesia takut juga jangan2 F20 di Indonesia kurang laku juga.

Taft F10

Taft F10

Taft F20

Taft f20

Nah pas tahun 1980, Daihatsu menemukan formula krabby patty tapi sayang ga diberitahu ke plankton Daihatsu Taft F50, mesin Diesel 2500cc (pasnya 2530cc sih) InDirect Injection, 2 Valve, 4 Speed (gigi 5 = persneling mundur), ada gardannya (kan jip :D ), velg standar 14”. Dan mobil ini lumayan laku di pasaran, alesannya apa ya? Wah ga tau dink, kan ane baru lahir tahun 1992 ehehehe. Tapi menurut analisa ane (yang mungkin koplak) alesan lomon ini sukses (terutama di Indonesia) adalah :

  1. Jaman itu dia ga ada saingan, kendaraan 2500cc dengan mesin diesel ya cuma golongannya Mitsubishi Colt Diesel, Daihatsu Delta (Mbah buyutnya Toyota Dyna Rino), dan yang legendaris (sebagai angkutan umum Surabaya Malang) Isuzu Bison (nantinya berevolusi jadi Blackwargreymon Isuzu Elf). Kalau kecilan dikit ya Toyota Hiace Diesel 2300cc yang wujudnya minibus (kata orang jaman dolo namanya steisien) ama pickup (kata orang jaman dulu dan jaman sekarang, namanya mobil bak).
  2. Jip yang harganya lebih murah, Suzuki Jimny kotrek (Jimny jangkrik),suspensinya kurang enak, dan memang bodynya lebih gagah-an Taft kan? (walaupun kalau urusan garuk tanah, Jimny kotrek lebih dipercaya)
  3. Jip diesel lainnya harganya mahal dan mesinnya kapasitasnya besar, kayak Toyota Landcruiser FJ40 a.k.a Hardtop Diesel (jangan jangan ini big bro-nya Taft), Jepp CJ7, Land Rover Defender Series 3, dll dan konon katanya mesin yang gede itu buoros. Selain itu dimensi gede-nya kurang enak dibuat macet-macetan.

Konon katanya papa, pas barunya mobil ini lumayan laku di Indonesia. Papa ane termasuk pembeli Taft F50 baru? Oh tidak, F50 (yang dulu) punya keluarga ane keluaran 1982 tapi belinya tahun 1995, 3rd Hand hehe. Dan Puji Tuhan, tiap 2 tahun turun mesin (ada aja masalahnya), dan Puji Tuhan lagi, biayanya mahal :twisted: Mobil yang setia mengantarkan ane dan adik ane kemana mana termasuk ke sekolah pas SD ini difakturnya masih tertulis CBU, berati mobil ini masih dirakit ndek Jepun. Taft F50 tipe GV, tipe sasis yang agak panjangan dikit ini. Selalu menarik perhatian teman teman saya pas SD, gimana ga, wong anak anak lain dianterin pake mobil bensin kayak Toyota Corolla, Toyota Kijang Super (Super sekali :mrgreen:), Isuzu Panther (ya paling ga suaranya agak alusan), dan bahkan Mercedes Benz (lupa serinya apa, yang jelas yang punya orang kaya, anaknya juragan krupuk udang). Soal Top Speed, yo jangan dibandingno ama Toyota Corolla Gti yang mesinnya sama kayak Toyota AR86 (tau film Initial D), atau Mazda RX-8 yang masio 1300cc tapi bisa muncratin tenaga 200Hp+, mesin dieselnya si Taft cuma bisa ngeluarin tenaga 75Hp, Dan top speednya konon katanya 105km/jam. Nah soal Top Speed ini, saya cuma pernah lihat, mobil Taft saya jalan 100km/jam, mungkin juga ga akurat soalnya saya yakin itu spedometer udah agak error (karena usia). Nah kalau mau cari mobil ini, ya sapa tau sampeyan salah satu penggemar :D

Daihatsu Taft F50 – punya ane dulu warna biru :mrgreen:

cara gampangnya cari aja di iklan barisnya Jawa Pos, atau koran koran lain. Harganya sekitar 20jutaan ndek Surabaya (bisa nego :mrgreen: ). Ya tergantung taun dan kondisi juga sih hehehe. Konon versi yang dicari buatan tahun 1982 akhir. Ciri-ciri tahun 1982 akhir adalah :

  1. Panel panel kayak jam, indikator suhu mesin, indikator accu, dan satu lagi indikator apa (lupa) ada ditengah, tahun 1981 indikatornya lebih sedikit.
  2. Ada takometer, ini khusus tahun 1982 akhir, karena Taft papa ane yang dulu, ga ada takometernya, di fakturnya mobil itu ultahnya 7 Januari 1982.Tapi rasanya kalau ente penggemar pasti pengetahuannya lebih banyak daripada saya deh hehehe.

Cuma memang kabarnya banyak Taft F50 kesayangan alias simpanan yang masih istimewa kondisinya, maksudnya, cat masih orisinil belum pernah di dempul alias di las ulang, Kilometer masih sedikit, interior masih orisinil. Bahkan temen kakek saya punya barang F50 tahun 1982 yang disimpan. Bayangin 30 tahun baru jalan 2000km (odometer belum balik), ban, velg, mur baut, dll masih asli. Edannn… Taft F55 weleh apalagi ini? Taft F55 adalah kembarannya F50, bentuk bodynya sama, tapi F55 khusus buat mobil barang. F55 ada yang blind van (kayak mobilnya Scooby Doo itu lho) dan pick-up. Di Malang pernah lihat Taft Kotak pick-up tapi ga tau itu F50 dimodif ,body belakang dipotong, dilas sana sini, jadi pick-up atau beneran F55 asli.  Taft Hunter Kembaran F50 lainnya, bentuk body-nya mirip mirip ama Taft F50, tapi atap belakangnya dari resin, biasanya warna putih, tapi katanya ada juga yang dicat warna warni hehehe. Enaknya mobil ini, posisi duduknya kayak Hatchback 2 pintu (padhal ini jip, tepatnya GPV – General Purpose Vehicle), jadi di belakang bisa diisi 3 orang dewasa (ukuran medium), cara masuknya jok depan direbahin dolo :mrgreen: cuma akses bagasinya agak dibatesin, wonk pintu belakang mek isa mbuka setengahnya. Mungkin beneran cocok buat berburu, habis nembak macan ndek gunung, bangkai macannya dimasukin mobil dibawa pulang hehehe. Ya paling urusan ama polisi hutan dianggep pemburu liar :D. Konon katanya, Harga baru Taft Hunter lebih mahal daripada Taft F50 reguler, tapi harga sekennya sama aja, tergantung kondisi mobilnya pastinya hehe. Toyota Blizzard Nah ini kembarannya Daihatsu Taft, kayak Xenia-Avanza, Terios- Rush, dan GrandMax – Modelista. Taft kembarannya namanya Blizzard. Blizzard biasa ditemui di Australia. Mulai dari Taft F10, F50, sama F70 alias Taft GT ada versi Toyota Blizzardnya. Ending Taft F50… Taft F50 distop produksinya tahun 1984. Sayang sekali, padhal tiap tahun F50 selalu melakukan minor change bahkan major change di fitur fiturnya. Paling ga model grillnya beda lah. Hal ini sangat memudahkan makelar mobil bekas dalam tawar tawaran F50 seken, grill tahun 1980 beda ama tahun 1981, grill tahun 1981 beda ama grill tahun 1982, dst. Tahun 1984, Taft F50 ada karet hiasan deketnya pintu depan. Betulnya karet ini bo jay alias ga guna, karena tampilan F50 tambah wagu. Tahun 1985, Taft F50 digantiin F70 alias Taft GT. Selain Taft GT bodynya jauh lebih besar, desainnya lebih modern, Taft GT konon katanya udah power steering. Mungkin pas tahun 1985, pas pertama keluar naik Taft GT keren banget. Hehehehe. Ending Taft F50 ane, ya betulnya mobil ini ga ancur lebur, tapi tahun 2005, waktu ebes eh papa saya ditawari saudara mobil bekas saudara (Panther Deluxe 1996), eh dibeli juga. Karena garasi ga cukup (ya maklum rumah di perumahan, kaplingan :D ) maka F50 dijual, ya lakunya ga piroo mahal, cuma Rp 18 juta. Padhal tahun 2004, mobil ini rusak parah sampe mangkrak 6 bulanan. Setelah diperbaiki dan ongkosnya yang waooowww :twisted:, mobil ini mesinnya enak lagi. Cuma entah kenapa, mesinnya jadi gampang panas… sempat lihat mobil ini udah didandani lebih cuantik ama pemilik barunya (katanya dia tetangga sak kampung-nya papa pas kecil), cuma sekarnag udah ga kelihatan lagi kemana F50 ini… Nah sekian dari tulisan setengah curhat ini, kalau ada salah, yo mohon maaf, kalau ada salah info atau ada penggemar mobil ini mau nambahi, yo silahkan. hehehe Bahan contekan http://forum.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?12422-Taft-F10-bensin-78-Aussie-style-(toyota-Blizzard http://www.imcdb.org/i021398.jpg http://imageshack.us/photo/my-images/269/59545781.jpg/

About these ads

56 thoughts on “Daihatsu Taft – masih inget Jip ini :D

    • hohoho
      ga juga, offroader lebih milih Land Rover atau Toyota Hardtop bro hehehe
      Taft jarang tampil, mungkin mesinnya lebih inferior daripada 2 merek diatas ehhe

  1. 18 juta? ga salah om, jual tahun berapa? temen saya beli 30 juta taft kebo th 1981 bodynya busuk pula, kalau yang mulus jangan tanya deh, bisa geleng geleng kepala harganya.

    • oh mungkin gini bro
      di tiap daerah, harga mobil seken isa beda2 hehehee
      mungkin daerahnya bro andi, harga taft seken mahal, sdgangkan di Sidoarjo, hargax kebo 2nd dlo *(th 2005) seken y segituan bro :D
      btw daerah mana? asyik harganya tinggi :mrgreen:

  2. kalau ga percaya, coba deh check harga sparepart nos jepang aslinya, atau limbah gardan mesin dan trasmisinya, dijamin copotan mesin sekelas eterna saja berasa murah! maklum sudah jadi barang collector item

  3. karena ada riwayat kembaran … kenape gak sekalian aje tuh LandCruiser ade kembarannye ato Alphard ….kembar semue deh …. bisa murehhh

    • Mungkin seandainya Alpard atau Landcruiser di kembar, mungkin di kembar sama Lexus bro. Soalnya semurah2nya Alphard masih mahal :D
      kan daihatsu spesialis City Car yang harganya terjangkau :mrgreen:

  4. sekarang offroader aliran adventure offroad banyak yg pake neh mobil bro…..irit, bandel dan melegenda, makanya sekarang harganya sudah tdk masuk akal

  5. Ralat dikit bro, taft F50 saya taun 1979, jadi taf f50 yg mesin diesel tuh mulai keluar taun 1979 dengan ciri2 body masih sama persis ama F10 taun 1979 tp grildepan udah kyk f50 taun 1980..

    btw harga udah gk 18jt lg lho, punya saya udah ada yg nawar 35jt saya tolak, maklum mobil kesayangan :D

    • wah makasih infonya bro
      memang info 1980 itu agak samar2 hehehe

      soal yang 18 juta
      itu memang jualnya pas harga mobil masih jatuh2nya gara2 booming Xenia Avanza yang pertama (tahun 2004) ehehehe

  6. Wow, ane pengen beli nih mobil kayak gini, cuma masih banding2 dengan cj7 dan fj40. oh ya soal kecepatannya gimana gan? gampang terguling di tikungan gak gan?

    • soal kecepatan saya gak tau pasti (karena ortu punya mobil ini waktu belum bisa nyetir gan). Tapi pernah di tol jalan 110km/jam dengan kondisi mesin sehat
      kalau soal terguling di tikungan sih saya kurang tahu oom Farhan :D

  7. Taft F50 alias kotak/kebo/badak khususnya didaerah jawa sudah termasuk barang langka. Kalau tidak salah sejak tahun 1995 keatas jip ini banyak dibeli oleh warga luar pulau jawa : sumatra, kalimantan, sulawesi, dsb.

    Mengingat kondisi jalanan disana yang didaerahnya agak masuk kedalam masih belum beraspal dan medan jalanan yang cukup berat. Terutama sekali banyak yang dipakai didaerah perkebunan sawit.

    Taft F50 disana sudah berubah bentuk menjadi pickup. Bodi jadi lebih panjang, sumbu roda sudah digeser agak mundur. Namun bodi depan masih tetap.

    Biasanya mobil jip ini untuk mengangkut tandan kelapa sawit pada saat jalanan becek berlumpur, medan yang cukup berat.
    Dimana truk-truk yang biasanya mengangkut tandan sawit tidak sanggup untuk masuk ke dalam medan perkebunan.

    Taft F50 memang jip legendaris, dan sudah teruji dan terbukti : powerfull, irit BBM solar, mudah perawatannya.

    • Betul tuh Om. Saya salah satu pemilik F50 dirombak menjadi pickup untuk mengangkut/melangsir sawit di daerah yang jalan berlumpur berat. Hanya di daerah di Sumatera Utara F50 disebut Taft Badak. Mengingat Kemampuan badak melibas trek2x berat dengan muatan 2 ton. apalagi kami sudah merobak per daun menjadi bertingkat seperti per truk colt diesel. sehingga membawa 2 ton masih dibilang standard. F50 saya sudah saya coba ke kondisi apa aja. Termasuk menarik colt disel tanpa muatan terpuruk di lumpur….

  8. Pingback: Www Pilih Feroza Apa Panther | X Power Penghemat BBM

  9. jaman dulu mobil ini pernah jadi jatah tni mas, biasanya perwira pemula, (jaman saya masih sd ada temen cewe punya bapaknya) saat saya sma juga sempat coba belajar bawa ini mobil, irit seperti panther, cuma kalau ketemu lobang bunyi gumbrang gambreng, maklum tools kunci semua di taruh di box besi dan boxnya ditaruh dilantai besi jadinya remai sekali bunyinya ha ha ha.

  10. Aku masih punya tuh f50 rv alias taft hunter, dah dimodif pake power steering, rem depan cakram seperti taft GT. trus atep putihnya dibuka. biar kayak rubicon gituuuuu….sampai sekarang masih dipake, dah ditawar 100 juta ndak dilepas. baru punya dari dealer, dari tahun 1982 ampe sekarang. tiap pagi di gosok gosok km dah 5 kali balikan heu heu heu

  11. harga taft bekas tersebut (f50) saat ini ada di kisaran 45 jt s/d 60 jt ( tergantung kondisi ) lagi banyak di buru orang… jadi hukum pasar berjalan dimana barang udah langka dan permintaan banyak wal hasil harga meroket ….

  12. tahun 2008 harga taft diesel f50 4×4 masih dikisauran 20 jutaan. Terus tahun 2011 harga 30 jutaan. Nah sejak 2013 harganya amit-amit. cari yg 35 jt aja paling dapatnya 4×2, dgn kondisi banyak pr lagi. beberapa waktu lalu mobil legendaris ini sempat nongol di iklan tv, komplit dengan spion tanduk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s