RX-King, legenda raja jalanan

Siapa yang ga tahu RX-King. Itu lho motor 2 tak yang terkenal pas tahun 1980-an ama 1990-an sebagai motornya penjambret. Kalau diitung-itung motor ini panjang umur juga ya di Indonesia. Keluarnya tahun 1983 dan discontinue 2008, wogh berati 25 tahun masa produksi tanpa perubahan body yang berarti waooow… Dan kalau ditambah RX-K yang masuk Indonesia, berati umur motor ini 32 tahun, soale RX-K dijual di Indonesia oleh YMKI pada 1980. Lho lho kenapa mbahas RX-K sekalian? karena konon motor ini mesinnya hampir sama persis ya… seperti Supra 125 dan Honda Kharisma lah.

RX-K pada mulanya adalah proyek Yamaha di Jepang buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi katanya RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw kabarnya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho — ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.

Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), yang menjadi saingan Honda GL125. Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu sudah kencang sekali. Tapi kenapa penjualannya kok gak menggembirakan? mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries – CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.

RX-K
sorry gambarnya ini, banyak RX-K yang udah dimodif :roll:

Nah aslie, YMKI sudah merencanakan kelahiran RX-King, soale gini, YMKI pas jaman itu survey. Orang Indonesia itu maunya sepeda motor yang kayak apa seh? Setelah melakukan survey di seluruh penjuru Indonesia akhirnya disimpulkan. Orang Indo mau motor 2 tak yang irit, larinya buanter, tarikannya maknyussss, dan bisa nanjak seperti motor 4 tak. Sim salabim lahirlah RX-King dengan spesifikasi seperti berikut ini :

Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube

spek copas dari : http://yrki.forumotion.com/t5-spesifikasi-yamaha-rx-king) 

Woke tarik kopling oper perseneleng

RX-King dirancang oleh orang-orang Konoha Jepang yang namanya Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, dan Motoaki Hyodo. Konon katanya para partisipan riset langsung melongo dan terkesima melihat RX-King awal. Ngomong-ngomong pemberian nama “King” adalah harapan agar motor (yang dulu) baru itu jadi raja jalanan.

Lha terus bedanya RX-King ama RX-K apa?

nah setahu saya, bedanya RX-King dan RX-K adalah (koreksi kalau salah) :

  1. RX-K masuk duluan jadi umurnya lebih tua dari RX-King hehehe :mrgreen:
  2. RX-K rakitan jepang dan masuk secara Built Up, sedang RX-King sudah CKD, kalau ada yang bilang King Cobra itu masih rakitan jepang, yang utuh dari Jepang itu blok mesinnya, dirakitnya ya tetep di Indo hehehe :D
  3. RX-K itu ada half fairingnya, jadi aslie punya batok lampu kayak RX-Z (cuma desainnya klasik poll), RX-King itu naked bike. Secara desain tangki, tangki RX-K lebih membulat daripada tangkinya RX-King yang agak kotak
  4. RX-King udah pake teknologi YEIS, sama kayak RX-Special dan Yamaha Tiara yang muncul bertahun-tahun-tahun-tahun kemudian (kalau diitung dari kalender 1983 lho ya). Jadi gosipnya RX-King agak irit (katanya oom Extra kapanane sih 1:35)

Apa itu King Cobra, King Master, dan New King

Nah sak tauku sisan, RX-King Cobra itu RX King model awal. Namanya aslie cuma King, cuma karena pake stang model leher ular kobra, makanya namanya King Kobra dan spedometernya masih kotak alias kubus. Tahun 1980-an kan stang model leher kobra kan lagi ngetren (kalau sekarang stang model jepit ala cafe racer yang ngetop) hehehe. King Cobra, kode blok mesinnya Y1 dan Y2. Terus dibuat tahun 1983-1991.

King Master, RX-King pengganti King Cobra, kurang paham sih kalau dari sisi body perbedaanya, tapi kalau di mesin, kode blok mesinnya Y1-Y4. Katanya Y1-74 itu buatan Indonesia alias Yamaha Pulogadung. Versi ini katanya dibuat tahun 1992-2001, hmm lumayan lama yo hahaha hehehe hohoho

Terus antara tahun 2001-2006, RX-King spedonya udah bulat, pokoknya keren dah, terus stripingnya juga udah mulai modern sejak tahun 2002. Ciri khas King versi ini adalah headlamp-nya yang agak oval dikit. Oh ya, kalau RX-King yang lama di tangkinya ada tulisannya YAMAHA (jelas pake font Impact :mrgreen:) dan tulisan RX-King model font berbuntut (serif semi dekoratif) di tutup accu-nya, terus yang tahunnya lebih muda, Tulisan RX-King Sans-Serif di tangkinya dan Tulisan Yamaha yang lebih kecil di tutup accu-nya, tapi ga tau itu sejak tahun berapa pindah posisi :mrgreen:

RX-King yang stripingnya baru

Yang terakhir adalah New RX-King, versi terakhir ini ga ada asepnya, karena sudah pake filter EURO2 diknalpotnya, dijual sama penerusnya yaitu Vixion (beberapa blogger bilang kalau penerus King itu Scorpio, gtw mana yang bener hehehehe). Efek dari regulasi EURO2 di King selain knalpotnya tidak berasap adalah semakin kecilnya tenaga New RX-King. Dalam penampilannya New RX-King headlamnya bulat (mbalek lagi kayak Headlamp RX-100 ama RX-125 :mrgreen:)  stripingnya keren, seinnya dah model Vixion lawas, knalpotnya model baru, sayang lampu belakangnya masih persegi ala motor tahun 80-an.

New RX-King yang ga ada asapnya

Tapi dengan segala kelebihan RX-King, motor ini aslinya juga ada yang lebih banter. Mungkin kalau tahun 1983, King Cobra paling banter di Indonesia, tapi 1984, Kawasaki Binter AR-125 2 tak 125cc keluar dan konon lebih buas dari RX-King, sayang umurnya pendek karena ATPM-nya juga tutup tahun 1986 (note : ATPM-nya bukan KMI tapi Bintang Terang-nya Edi Tansil hehehe). Selain itu mesinnya juga konon katanya gampang panas, bisa sih dibuat touring (tenaga dan speednya juga cukup kok hehehe :mrgreen:) tapi harus sering mandek-mandek, bukan ridernya yang disuruh ngaso, tapi motornya ngaso sek, nek gak gitu iso overheat.

Selain itu, kenapa King Cobra lebih dicari daripada King Master keatas, karena ada gosip blok mesin Yamaha Pulogadung (YP) kualitasnya tidak sebagus Y1-Y4 dan yang tanpa Y-Y-an (blok mesin tua punya RX-K). Kurangnya lagi, sebelum tahun 1995 (kalau ga salah), rem RX-King depan masih cakram 1 piston, dan belakangnya, tahu sendiri kan tromol… ya masak motor banter rem belakangnya tromol. Tapi katanya rem tromolnya oke kok :roll: (bingung dewe jadine)

Kenapa RX-King (terutama yang pas jaman knalpot ngebul) laku

Sederhana, menurut opini ane, RX-King walaupun bukan paling banter di Indo (ingat RGR, Ninja, RX-Z, Honda NSR, Yamaha TZM150) tapi kan sudah diitung banter kan. Lagipula orang Indonesia kalau dilihat lihat suka ama motor yang : kenceng, murah, irit, dan sparepartsnya murah. Jaman dulu pilihannya ada 3, GL-Max dan GL-Pro, RX-King dan Suzuki RG (bukan RG-R lho ya). Masalahnya Harga GLMax/Pro kurang lebih sama dengan RX-King tapi dengan lari yang masih kalah, makanya di daerah pesisir RX-King lebih laku, kalau dipegunungan ya GL-Max yang enak buat nanjak laku. Jadi dengan tenaga yang besar dan harga yang masuk akal, RX-King laris manis.

Ga percaya, susah lho nemuin iklan RX-King dan GL-Max di mbah Google, ada nih satu, ya kalau jarang diiklankan, berati motor itu nek ga laku keras atau tambah ga payu blas. Kalau misal RX-King ga laku… tapi masih banyak RX-King kuno yang seliweran di jalan kok.

Oh ya nih iklannya RX-King, nemu 1 ama iklannya Yamaha lain heheh

1980-1985 motor apa hayo yang ilang hehehe

Nasib RX-King sekarang

nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik dan benar oleh penghobi RX-King yang memang jumlahnya uakeh, kadang juga sepintas kelihatan motor ini dibuat angkut barang rombeng. Serius, motor ini kadang dibuat ngangkut sayur, ngangkut krupuk dan laen-laen. Tapi beberapa RX-King dimodif abis-abisan, bahkan cenderung trondol.

Dan seperti motor bertenaga lumayan gede pada umumnya, kalau jatuh di tangan rider 4L@y, ya dibuat ugal-ugalan ga karuan. barusan tadi pagi lihat Rider RX-King alay didepan mata, hampir aja nabrak angkot tuh orang ckckck :twisted:

Harga jual RX-King

karena sudah didiscontinue, maka RX-King ga ada yang baru alias sudah seken semua hehehe. Nah bagi yang minat beli RX-King seken. Harganya beda-beda. Maksude di tiap daerah beda-beda. Di kaskus, kapanane ada yang jual RX-K tahun 1981, katanya udah full modif dengan mesin RX-King, mintanya 17 juta nego :roll: (what mahal amat ya nyak babe ya) Di Jakarta harganya super murah, Yang tahun 1996 harganya Rp 3.5juta doank, kalau yang di Surabaya, kapanhari lihat iklan baris, tahun 1996 mintanya Rp 5 juta bisa nego (ga nelpon sih, kan ga ada rencana beli hehehe) ama ada tahun 1991 mintanya Rp 3,5juta bisa nego (konon kata papa, orang Surabaya lebih seneng ama RX-Special soalnya RX Special cc-nya lebih kecil jadi jauh lebih irit. Nek di Jogja ama Medan, harga RX-King seken masih tinggi-tingginya dan konon sudah masuk taraf ga masuk akal. Woow, keren.

About these ads

216 thoughts on “RX-King, legenda raja jalanan

  1. sang legenda,..terkenal cepat, gampang selap selip, sering juga di pake kawanan penjahat :D , ….
    sang legenda tetap melegenda.. kawan ada yang jual ane tawar 500ribu gak mau,..maunya 5jt :mrgreen:

    • wah kalau RX-K
      yang punya YSS (Yamaha Service Station) deket rumah ane, ane intip (waktu ganti oli Jupiter Z) tuh masih punya RX-K juga, mulus bro :mrgreen:

      Motor jambret? ah itu kan stereotip orang
      sekarang jambret pake Mio, dikejar ambek Supra yo jek nutut :mrgreen:

      • klo yg pnyanya oran yss, klo soal sparepart kyaknya gk susah2 amat tuh nyarinya juga, enaknya.

        whahaha….mionya udah dragstyle kali gan mesinnya…. :mrgreen:

  2. wuish.. kumplit neh. mantab..

    masih sering liat penampakan si king di pedesaan, buat naik turun gunung pada demen keknya..
    Di jepang RX series keliatannya msh dipake ama geng2 motor disana..

    • waktu retret di trawas buanyak King ama GL-Max dipake naik turun gunung buat ngangkut hasil panen kak bro :mrgreen:
      wahhh
      masih ajib donk hehehe :D

  3. aku wes due RX-KING master taon 2004 karo New RX king 2007…..tapi ga due king kobra ,,,,,,soale tak pikir2 lek kobrane mbekos repot mengko sak omah podo mlayu kabeh wedi ke cakot ,,,wuaaakakakakakakakaak

  4. tiap pagi saat berangkat kerja selalu barengan sama new rx-king plat merah (milik dinas perikanan kayaknya). rasanya pengen tak rampas saja motore, lekuk mesinnya sadis.
    btw, untuk legenda selanjutnya saya menjagogan satria fu, karena antara rx-king dan satria fu punya satu kesamaan yaitu “dibenci banyak orang, tapi juga diimpikan banyak orang”. itulah modal utama untuk menjadi legenda

      • aq punya king’94..
        ad yg bilang cobra,sampe ngotot bayarin…
        tp ad yg bilang king biasa…
        mk’a aq pgn tw lebih jls…
        minimal liat fto asli si cobra itu mas bro…
        tolong dong bantu saya…

      • aq punya king’94..
        ad yg bilang cobra,sampe ngotot bayarin…
        tp ad yg bilang king biasa…
        mk’a aq pgn tw lebih jls…
        minimal liat fto asli si cobra itu mas bro…
        tolong dong bantu saya…

  5. …nih motor legend, ane tujuh kali ganti motor mentok2nya ke King juga…
    selain punya memori sendiri, ya mmg ngerawatnya gampang banget…
    piss…

  6. mantap gan’ ane skarang tau sejarah RX KING. terus terang ane paling Demen sama motor satu ini …dulu ane punya RX K 135 th 82 trus di jual ama Bokat … tapi sukur skarang udah ada penggatinya RX KING 94.. udah ane pelihara dari tahun 2002 sampek sekarang…. ..udah ane anggap seperti istri pertama ane….hehheheh

  7. Rx- King tiada duanya,,,sekarang di Jogja king baru jaya aku hitung ada 24 komunitas yang rata-rata 1 komunitasa 100 s/d 400 kendaraan,,,, Drodhooot dhott
    Salam Raja

  8. bang bukanya blok pulogadung yang versi YP,Y1-Y2 dari Jepang Y3-Y4 Bahan Dari Jepang Cuman Buatnya Di Indo,Maap Lho KAlo Salah,Setau Ane Sih Gitu,Soale Aku Punya King 2001 Masih Kebagian Blok Y3..

  9. rk king teta jaya..info lengkap mantab..!!!
    q punya rk ing 92 dan ternyata bukan cobra,,
    tak aa yg penting jaya..hee

  10. inget ama iklan th 90 an …….
    9 dari 10 jambret pake RX-King …
    Anda pilih yang mana…… :)

  11. pulang tiap hari 30km masih ketemu 5-10 King om, dijogja emang kelihatan mkin banyak aja, kemarin tetangga beli yg 2007 dpt 16,5 jt. ada polisi yg nawar 20jt tp gak dikasih, brgya special bgt, bkin pengen aja,
    sbg mantan Kinger’s ana masih pingin, skrg make pulsar 135 dlu yg uirittt…

  12. ane punya rx king taon 2006 coba ganti blok Rx k taon 82 masih Os 50 yang dulunya cuma dipake ke kebun wkwkwkw ajib banget serasa naik ninja 1998 tarikannya turbooooo…

  13. Hehehhehehe jadi terkenang lagi sama motor gw, RX king thn 83. Larinya bener kayak setan
    boss, gw dah coba waktu ke sukabumi speednya bisa 140km/jam motor serasa udah gak napak tanah..untung gw masih hidup .hehehhe. RX king memang Bravooooooo.

  14. mantap bgt obrolane….jd pengen punya RX King nih…..(tp g pny doit hehehe…) so pake jupie aja dl deh…..

  15. inyong ndue rx k 83 tp wes tak modif kang,wingine tak dol payu 5,5,,,tp isek ndue king taon 96 karo 97 isek standar tp nggo ngaritt,maklum pangon sejati hehehe,,,,,saiki tuku taon 03 rego 8jt durung numpaki wes mlebu bengkel sek,,,,,,nek ng jogja king 2007 plat b wae njaluke 15-17 kok,,,isek larang banget

  16. Aku punya rx king tahun 2004 tiap dibawa lari cepat terus menerus pasti pistonnya jebol,,,,, oli samping sudah di borosin tetap jebol bila di bawa lari kencng terus menerus…….. perlu di apain lagi yaaa,,,, ?

  17. Rx king mtr kesayangan gue dr dulu sampe sekarang broo _ trus terang gue kenyang ngegas king skenceng2nya top sped 240 an kalo buat trek 2an taruhan .mmm sampe skg g msh pake king th 93 orig standard tp gue seting lari ϐiśα 200 bro ya buat kerja tiap hari dan rasanya puas bisa ngasepin mtr2 gede skg ky ninja 250 ªþª cbr dan tiger …`*•.,`*•., `*•.,`*•.,,.•*`,.•*`,.•*`,.•*`
    :D=))НΆНΆНΆНΆ=)):D
    ,.•*`,.•*`,.•*`,.•*“`*•.,`*•.,`*•.,`*•.. Haa king of the best

  18. Ehm temen2 yg hobi king gue jg punya king 94 standard blok y3 size 0 speknya full engine wz peleg enkei double disk cat airbrush list king 92 cat siken/hitam oven karbu, saklar, master rem, gas pake ninja rr koil ma cdi engine wz pake rasio 3-4-5 kalo ãϑã yg minta gue jual 15 juta net call me 085888595474 ( awi/ fery jakarta pusat)

  19. Punyaku 1996 dulu,sampai sekarang,beli mesin udah korekan.tp yg ngorek goblok bgt..jd tak tuker kop nya punya 97 yg msh standart.sbnrnya syg,tp ya pgn yg standart

    • wah gimana ya bro
      masalahnya RX-King seken tahun 1983 harganya ya tergantung orang mana yang jual, kondisi, yang jual minta berapa, dan sampeyan berani nawar berapa :mrgreen:
      kalau antik (barang ori + mulus + kinclong + syukur2 km dikit) bisa 14 juta lebih
      Di Jogja RX-King harganya mahal
      di Surabaya naik terus
      di Jakarta, King katanya harganya jatoh :(

  20. ok thanks infonya,RX king 83ku mau ditukar dengan rx king 93 tp klo sdh tau king 83 lumayan harganya jd pikir2 mau dtukar…hehe

  21. wah… banyak juga yg nongkrong pake baja hitam rx….
    memang king gada abisnya….
    di Bandung,bejibun juga yg pake…
    ane juga punya king ttl bdg 1993…
    tarikannya kaya malem pertama mas bro… memuaskan…

  22. mas bro skalian, rk king doang sama king kobra tuh cuman julukan saat pergantian model rx k dg rx king. karena terkadang rx k disebut juga rx king pada jamannya, yang ngebedain akhirnya bentuk tanki yang signifikan rx k gembung rx king melebar bagian depan kayak kobra lagi sewot. slainnya gak ada hal istimewa disektor mesin.
    monggo……

  23. Memang Bener KING tetap jadi KING
    Ane Punya king taun 2002 masih orisinil ( bekas penyok tangki krna jatuh bangun masi Ada, mau baikin sayang, jadi biar aja baut kenang2an) , sempat 1 tahun Ane digudangin, Skarang Ane pake lagi,… cuman resikonya kagak enak Kalo Pakai KING,,… selallu di tanya, Mas Mau dijualkah motornya,… Ane Balas, Gak dijual tapi Tukar Mio J yang baru bisa Koq. Langsung Diem tu Orng,… Oia ada satu lagi kehebatan motor King.. Smua teman cewek ane kalo ane tanya,. enak gak digonceng motor KING. jawabannye,.. Enak Mas, Joknya empuk gak ada motor laen seperti ini,.

  24. mas agan,, ane baru beli motor RX – ?. yang mau ditanyain, full body semua dari tank, block mesin, sasisnya yaitu RX – King, tapi di STNK tulisannya RX – K 135cc.. jadi yang bener yang mana kalo boleh saran ??
    Makasih.. btw postingannya mantep :D

    • Kalau motor mas Ivan tahun keluaran antara 1980-1982 itu memang RX-K 135, cuma sama pemilik sebelumnya, panel body dan tangki diganti sama punya RX-King :mrgreen: – soale mesin RX-K dan RX-King memang sama :D

      Kalau keluaran diatas 1983, berati itu memang RX-King. Soal di STNK tulisannya RX-K 135 setahu saya memang kode mesin RX-King ya RX-K 135. Semoga membantu :D

  25. Setelah baca baca jadi ingat saya punya RX King tahun 2002 pakai hanya setahun stelah itu masuk gudang otomatis STNK mati sejak 2003. bisa laku diatas 15 gak ya

  26. salam raja bro.
    ane pnya raja 04 blok yp-1 tarikan ny msh mntep bnget bro, pdhal udah d pkek buat angkut ikan ratusan kg.
    hnya saja top speed ny agak kurang dan getaran mesin trasa smpe k stang kemudi.
    ap prlu bro ane os 25 king ane ?
    karbu baru d gnti, kampas kopling jga.
    bagus an karbu bwaan king atw yg baru bro ? karbu baru asli yamaha indonesia, wrna nya agak terang, prmukaan halus.
    alasan ane ganti karbu krna sering banjir bro.

    • kalau soal oversize kata yang ini “http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100617053643AALehvK”
      2 tak dioversize jika tidak ada lagi kompresi di ruang bakar nya. yaitu saat di starter kick, tidak ada tekanan (loose)..
      trus dioversize kalo ingin menaikkan power mesin aja..

      hohoho
      kalau sering banjir kayaknya udah waktunya ganti bro hehehe
      soal getaran mesin…
      mungkin bisa ditanyakan ke mekanik langganan kak Abi yang bisa dipercaya ehhehee
      (maaf gak bisa bantu banyak, pengetahuan soal mesin dikit banget bro :( )

  27. bro, ane punya rx king thn 95 dan di karbu nya ada tulisan MIKUNI made in japan. dan stlah ane teliti trnyta di karbu rx king thn 2000 an gk ad tulisan made in japan tpi cuma MIKUNI. hmm king ane msuk ktegori king cobra apa gk yahh ?¿

      • Kata orang2 yang pernah naik King ya King Kobra paling banter bro :D
        kalau mau agak pelan tapi gak ada asapnya itu New King bro, yang lampunya bulat. Performanya menang dikit dari FU
        tapi itu tergantung kondisi mesin juga
        tapi kalau mau lebih kenceng lagi, pake bloknya RX-K. mesin RX-K sama dengan RX-King tapi mungkin karena kualitas material yang lebih baik, RX-K lebih nyos daripada RX-King :mrgreen:

  28. Punya juga RX-King 1990 body asli original,,jarang pake bgt,dari beli baru sm bokap udah rencana buat koleksi,pernah ditawar 22jt sm penghobby king,tapi NO-way!!!
    Salam “king” lovers

  29. sesungguhnya saya ngefans berat king.meski sering gonta ganti motor ampe gak keitung lagi berapa kali ganti.(motor bekas tapi tentunya).hehe..tapi tetep king yg di hati..dulu pernah punya king 97 ksayangan yg udah saya pake 10 tahunan..tapi sayang kepaksa saya jaminkan buat disita untuk menolong brother yg terjerat kasus..alhasil lenyap sudah king ksayangan saya..padahal saya gak punya duit dan motor lain buat aktifitas..dari hasil nabung dikit2 dan dari gonta ganti motor lagi..dapet lagi king thn 95 tp kondisi dan rasanya sudah beda..mungkin image king 97 tempo hari masih melekat..alhasil king 95 saya jual rugi lagi buat cari king lain..hingga dapet lagi king 2003..tapi lagi2 saya tetep kurang puas dgn kondisinya…setelah dipake 6 bulanan dan sdh nelen skian duit..akhirnya karena kadung males dgn kondisinya akhir oktober 2012 ini,saya tuker tambah dgn scorpio rongsok 2004..ya mungkin skedar buat coba melepas image/kenangan dgn king..tp jujur saja saya tetep memimpikan sosok king pengganti king 97 kesayangan yg lenyap tempo hari…tp ya udah mungkin sekarang belum saatnya kami berjumpa…i love king..bagai menanti dan mencari janda kembang(ya soalnya kan gak ada lg king yg baru/perawan.hehe..)ah ..kok saya jadi lebay nih…gara2 mbaca artikel yg top banget di blog ini nih soalnya..hehe..salam kenal buat yg nulis..thxs..banget ulasannya mantep..

    • wah sayang sekali ya bro
      motor kesayangan terpaksa dijual buat bantu brother (paseduluran sampeyan ajib :D ) :(
      moga2 sampeyan nemu King yang masih jozz :D jadi masih inget King 97 kesayangan sampeyan :D

  30. Bagus ulasane..aku masih punya rx k 80 (khusus ke kebun ) n rx king 96 (king master,di medan disebut king jumbo warna ijo ori kecuali perlengkapan thn punya 2004, masih enjoy aja untuk akhir pekan dgn anak bini..gak ada masalah, lg pula buat memory waktu kul dulu, tp dah g berani gas pol2 an, sex2 bisalah 130 an..maklum dah tambah umur, kl harga dilangkat gila2an tergantung yg mo jual..punya q diminta 10 jt ga ane kasi..kata bini tukernya corolla gl gak pa pa..ha ha,(biar gak kena ujan..)soalnya dia sayang banget ama itu sang raja

  31. punyaku thn 95, king memang oye. Ngebut oke, buat pacaran oke, angkut barang mantep. Ane udah 2x ngejengkang diatas mtor ni.
    Memori yg paling diingat adlh saat dpt pacar baru. Pacar ane ga mau diajak jln2 pke king, takut katanya, trpaksa tiap jalan pke vega deh. Tp stelah dibujuk lama2 mau, n sbulan lalu ane ajak jalan2 ke tangkuban perahu, pas smpe dia bilang “seru aa naek motor ini mah”. Maklum krna jalan mendaki ane gaspol trus. Hhe…

    Thank’s rx-king.

  32. ane punya king 2003 nih motor ğώ pernah rewel… buat nongkrong nyambung… mau ama ninja.. mau ama scorpio,,, mau ama tiger… mau ama mtr baru apa aje… ğ kebanting… king never dead bro!!!!!

  33. ane pedagang mtor seken bro, dan menurut ane rx king masih jd idaman anak muda jaman skarang bro dan bagi kaum orang tua jg rx king masih bnyak sekali diburu,wlau[pun dengan harga yg relatif mahal d banding motor baru jaman skrg. kesimpulan ane “walaupun d kata kan bros dan brpolusi, rx king ga akan lekang d makan zaman bro dan tetap jd idaman.”

  34. aq pny rx king.98. nah ni mtor blinya udah modif cm ada bbrapa asesoris, macam besi blakang, stang asli, spidometer, ama lampu dpan blakang. dmana kira2 ane bs dptin itu mas bro?

      • Aku punya king 02 bro,istimewa…motor impian dri dlu اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ akhirnya bsa kesampaian walopun hrus pke ngerayu istri biar dibolehin…tpi anakku justru seneng bgt klo naik king…KING numero uno…

  35. 7 tahun make King 96 dr 98-2005, banyak kenangan terlampaui,
    beli 2nd mesin dah os 75 tp msh irit bs dpt 1:40km/ltr olisamping 900-1000 km/ltr
    tapi gara2 isu 2 tak dilarang ane jual cuman 6 jt (thn 2005). asli handling n remnya ajib bgt, seminggu kmudian ganti bebek honda, wah remnya payah, baru seminggu dipake dah nabrak kijang gara2 rem gak pakem (feeling sy mash rem King sih…) eh ternyata skrg harganya melejit, bs sampe 10 jt.
    buat boncenger asli nyaman bgt ni king….

  36. Ni ane punya Rx K 135cc Kelahiran 81 sama Rx King Kelahiran 83… tiap jalan naik antara 2 motor ni perasaan gak ada cewek yg nglirik… yg ada malah takut kayaknya.. hadeeeewh… dikira jambret apa yaaaak…. huhuhuhu, Eeee sekarang tiap hari ni rumah jadi tongkrongan makelar, pada mau jambret motor ane apa yak… :p

  37. Pingback: Honda CB750 Series – Cerita singkat dari keluarga “First Japanese Superbike” | redbike92

  38. rx king motor legenda barengan sm gl pro, tahun 1996 ane prnah pake dua2nya, utk jalanan datar rx king jagonya, utk naik gunung gl pro jagonya.

  39. di jogja RX king dimana-mana bro…..klub nya pun banyak banget,ada KILLER (King Legend Life Forever) JOKER (Jogja King Racing) TKCB (Trisakti King Club Bantul) TROY (Turi Rx king Owner Yogyakarta) GAMKIS (Gadjah Mada King Society) itu gamkis isinya satpam” n pegawai UGM broo….. Salam Nguook! dari jogja,Satu Mahkota milik bersama!

  40. di jogja RX king dimana-mana bro…..klub nya pun banyak banget,ada KILLER (King Legend Life Forever) JOKER (Jogja King Racing) TKCB (Trisakti King Club Bantul) TROY (Turi Rx king Owner Yogyakarta) GAMKIS (Gadjah Mada King Society) itu gamkis isinya satpam” n pegawai UGM broo….. Salam Nguook! dari jogja,Satu Mahkota milik bersama!!!!!

  41. semua motor yg disebutkan disini pernah saya jajal. maklum saya produk (baca:terlahir) tahun 70-an dan masa kejayaan Honda GL, Yamaha RX dan Suzuki RGR adalah masa ABG saya. Dulu pertama belajar motor pake GL-125 punya om saya. Biarpun pengapian pakai platina tapi larinya kenceng soalnya motor ini jatahnya polantas (konon sih mesinnya emang punya spek lebih daripada GL untuk publik) dulu saya sering ngetrek pake GL itu top speed tembus 130 kilometer (boleh percaya, boleh ga) Terus dibelikan sama ortu RX-King ’93. Musuh sejati RX-King itu sejatinya bukan GL-Max tetapi GL-PRO yg sekarang ini berubah jd Megapro. Tapi GL-PRO yg paling bagus larinya kencang justru yg mesinnya 145cc (black engine) dibanding New Megapro yg sekarang apalagi Verza jauh deh!!
    Selain itu musuh bebuyutan Yamaha siapa lagi kalo bukan Suzuki tapi Suzuki belum bergeming pada waktu itu masih mengandalkan GP-125 dan TRS-118 yg secara spek bersaing dengan RX-Special. Sejak Suzuki mengeluarkan RGR150SS boleh dibilang King kalah jauh tetapi ditangan mekanik yg lihai bukan mustahil RGR banyak yg dilibas sama King terbukti sampe sekarang ga sedikit motor 2t 150cc yg kalah dengan King contohnya Ninja 150 walaupun secara spek mesinnya melebihi King lagi-lagi kelihaian mekanik dan joki membuat King mampu mengungguli Ninja 150. Ngomongin soal Ninja saya jd teringat dengan mbahnya Ninja yaitu AR-125 motor ini kayanya moyangnya Ninja yg ada sekarang. Tampilan full fairing, radiator, monoshock dan harganya yg murmer merupakan saingan pasar terbesar King tapi AR-125 tidak berumur panjang karena Binter (ATPM Kawasaki pada waktu itu) tiba-tiba bangkrut membuat produk Kawasaki yg ada disini discontinue.
    Kalo RX-K tampilannya mirip Yamaha RX-125 atau orang dulu bilangnya RX ‘banci’ kenapa dibilang banci? sebab kapasitas mesinnya tanggung 125cc maka di rilis RX-K 135cc baru tahun 1983 RX-King (cobra) keluar pertama kali. RX-K dengan King mesinnya plek sama aja ga ada yg beda soalnya temen saya banyak yg pake RX-K jg dulu.

  42. motor yang lagi naik daun di batam, king sya thn 2003 ditawar 10 jt. sya tolak.!!! nie motor memang enak buat balap.

  43. Gw pnya rk-k tahun 1992. . . Gw mau tanya rx k it suara nya sama gak kayak king sih? Mtor ny br gw beli.

    • selama sy ngalamin gonta-ganti RX-King mulai dri yg 93 trus 96 abis itu 97 semuanya baru. trus abis itu beli second 83 trus jual ganti RXK 82 trus skrg lg pegang yg 91. ga pernah ada yg bermasalah tuh..paling ya termakan usia aja (contohnya yg second itu) sy beli thn 83 bloknya korekan gagal otomatis larinya boncos kalo dipakein knalpot standar maunya pake kolong. trus yg RXK 82 ga ada masalah apapun dimesin kecuali kaki2 yah. skrg ini lg pegang yg 91. nah kalo yg ini udah termakan usia pakai nih kayanya di BPKB nya aja udah 5x gonta-ganti majikan. sy yg ke 6. tp biar gtu yg 91 ini tarikannya masih kenceng cuma permasalahannya dikaki2 aja. ngeri nggebernya..maklum kaki2nya ga sehat motor jd limbung.

  44. Di kebumen jawa tengah si raja jalanan masih sering nampang dan unjuk gigi,ane sering lihat rx king dari yg standart smpai yg dimodif,ane juga punya rx king 2002 beli thun kemarin hrga 7,5jt di jkt itu juga nyarinya sulitnya minta ampun bos mlah ada pdagang yg nawarin king tahun 91 suruh 8jt buset dah trnyata hrg king selangit tpi tetep larinya ngacir abis….slm king

  45. emang ni motor sadis gigi1 gas lepas kopling =jumping…. dirumah dulu ada punya bokap thn 1993, akhirnya dijual tahun 2006 laku 7,5 juta, motor masih mulus tiap ada yg rusak langsung gaanti sama spare part asli. gak nyesel pernah punya ni motor :-)

  46. buat nambah masukan aja>>> rx king cobra tipe mesinnya IEE di STNK dan itu lebih besar dan lebih lebar tampangnya dibanding rx king pada umumnya yg bertipe YKK di STNK. cm karna ketidak tahuan orang awam padahal mah salah besar…..kalo ga percaya coba cari rx king yg tipe mesinnya IEE di STNK….itu baru asli RX KING COBRA …..gtu masbro

  47. mas bro,mw txk2 ni,..
    motor ane rx special, komponen mesin apa aja yg mesti dganti biar mesin sama larinya dngan rx king,..mohon bantuannya mas bro ..

    • @lito
      Klo sama kya King larinya mngkin ga bisa om,klo mndekati sih bisa2 saja.coba pake membran V FORCE3 (type RX king),porting/halusin lubang2 port mesin(kulit jeruknya) tancepin carbu PWK 28,papas head(atur ulang kompresi),knaalpot kolong 3v3,coil yg bagus,sukur2 bisa ganti raasio yg lbh rapat,kyanya dah bisaa nyapu ninja 150 standart.hihihi.untuk spare part bisa kanibal punya YT 115.mngkn sedikit itu aja yg saya paham.suhu2 lain mngkin bisa tambahin.salam dari kota Rusa Merauke,dimana ninja di salip RX adalah suatu keharusan.huahahahaha(maaf om,ketawanya sombong) :)) piss

  48. @Lito..blok + seher + ring sama karbu aja diganti pake King. temen sy jg pake RXS dibikin gtu jg udh cukuplah..larinya.

  49. masbro2, mau tanya kalau yg thn2 76 RX125 twin, itu termasuk RX atau RD125dx di rebrand jadi RX125twin di indonesia?

  50. Mas RX K itu sudah YEIS, lihat saja selang YEISnya di karburator 135 cc sama dengan RX King. Hanya bodynya saja menggubakan RX 125 yg belum YEIS. Saya tahun 81 an sudah pakek…

  51. kebetulan aq baru dapat rx cmn gag tau typenya apa.cmn di nomer mesin terteranya Y2 – 04772 k.mohon pencerahannya…

  52. bro, mau nanya ..aku punya buring asli rx k tapi kok siripnya lebih kecil dari kop nya…kira” orisinil gak..kode kanan polos, kode kiri 4Y200 132 cm3..lubang transfer ada kode 29N..soalnya temen juga punya itu kok sama lebarnya dengan kopnya…mohon petunjuk…terimakasih..

  53. wah,didesa saya masih banyak.bahkan,punya tetangga saya masih terlihat baru.persis yg biru itu.

  54. ane punya motor gl max ane ganti pake karbu Rx king ori. kalo dipake jalan lama sering mati2 dan karbunya bunyi ces-ces gitu gan. ane minta solusinya gan ?

    • kalo GL Max/PRO biasanya tuh karet insulatornya (saluran penyambung karbu ke blok mesin) suka bolong mas. kalo retak dikit aja udah bikin motor mogok. coba diganti itunya deh.

      • ia…sy baca sedikit n terpotong2…saya bca yg penting2 sj..cmn pas sy mau truz baca malah banyak basa sasinya….jd sy coment…..truz gk jd baca semuanya…

      • Oh gitu
        makasih bos sarannya, tuh tulisannya udah tak perbaiki, moga2 sampeyan dan pembaca lain lebih nyaman bacanya :D – btw sorry ya klo sebelumyna tulisannya kacau :D

  55. “..Jaman dulu pilihannya ada 3, GL-Max dan GL-Pro, RX-King dan Suzuki RG (bukan RG-R lho ya). Masalahnya Harga GLMax/Pro kurang lebih sama dengan RX-King tapi dengan lari yang masih kalah..”

    mohon maap..situ kelahiran taun brp ya? soale sy lihat tulisan ini makin ke belakang makin kebaca situ ga ngalamin masa2 kejayaan King, Pro/Max, TRS, AR125.

    Suzuki RG itu ya si RGR itu. cuma anak2 motor dulu suka nyebutnya erji (RG). jaman itu Suzuki cuma punya 2 jenis motor batangan, RGR sama TRS selain itu ga ada.

    kata sapa Pro ga bsa lawan King? justru GL-PRO itu dirancang buat mengimbangi/menyaingi RX-King. jaman sekarang mana ada motor 4 tak 140cc lari seimbang sama King? kalo yg bawa lihai GL-Pro bisa lawan King. tergantung nyali ridernya jg. Honda jago perjalanan jarak jauh sedangkan King dan mesin 2 tak lainnya penyakitnya kalo kepanasan suka mati sendiri. makanya sekarang ini Ninja 150 2 tak pake radiator biar mesinnya ga kepanasan.

    • saya kelahiran tahun 1992 mas, sekarang ya masih umur 22 tahun, dan memang gak ngalamin masa kejayaan Yamaha RX, Honda Gl, Kawasaki AR, Suzi RG/TRS, dan memang saya akui waktu nulis post ini saya kurang riset :oops:. Terimakasih mas koreksinya :D – secepatnya tak betulin yang salah2 di post ini

      GL-Pro 140cc bisa lari 140km? wih sangar juga ya mas, GL-Pro Neotech (yang 160cc) pasti lebih serem lagi donk :mrgreen:

      • justru neotech itu spek downnya. topnya Pro tuh yg black engine. dulu seimbang sm King sy. sy pernah punya GL series jg tp punyanya Max neotech 96. itu jg jatah kantor. :D

  56. gan,,, ane mw taA,, ane br beli MOTOR seken RX-K,dan d stnk juga d tulis RX-K, tp ad juga temen bilg mtr ane king cobra. krn temen ane berpatokan tahun pembuatan, (1999) , trs ad juga temen bilg bkAn rx king,Bkn jg king cobra,melainkan tp RX-K,jadi bngun ane gan, bsa gak jelasin pertxaanq gan,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s